Gasoline Direct Injection – GDI

Salah satu latest innovation dalam hal combustion mesin bensin adalah teknologi Direct Injection. Kalau selama ini mesin bensin menggunakan sistem port injection, dimana bahan bakar/fuel di semprotkan pada intake manifold, maka pada teknologi GDI bahan bakar langsung di inject kedalam ruang bakar seperti halnya mesin Diesel. Maka tidak salah kalau ada yang mengatakan GDI adalah hybrid antara mesin bensin dan diesel. So apa dibalik penemuan ini???Tentunya dorongan untuk menghasilkan sistem pembakaran mesin bensin yang lebih efisien, powerful dan ramah lingkungan. Bagaimana ketiga hal itu bisa dicapai oleh Sistem ini???

bmw_diBMW DI System

Karena menggunakan direct injection, maka suhu didalam ruang bakar bisa lebih rendah dan efeknya kompressi ratio bisa ditingkatkan menjadi 1:12 tanpa harus mengalami gejala knocking.  Jadi dengan fuel beroktan rendah pun (87), mesin GDI bisa menghasilkan pembakaran yang lebih efficient (volumetric efficiency) dan juga increase power. Selain itu juga karena sifatnya yang unik ini, gas buang hasil pembakaran juga relatif lebih bersih sehingga ramah bagi lingkungan. Untuk menjalankan sistem ini maka dibutuhkan kontrol sistem yang reliable, dimana sensor dan ECU berperan sangat besar dalam menentukan kondisi pembakaran yang paling sempurna. Injector yang digunakan adalah injector yang dirancang khusus untuk mampu menyemprotkan bahan bakar pada tekanan 120 Bar agar fuel bisa teratomisasi dengan baik dan pembakaran bisa berlangsung dengan sempurna.

pcpetr8

Pada sistem yang didevelop oleh Bosch, ada 2 macam pembakaran yaitu Homogeneous dan Stratified, dan ini disesuaikan dengan kebutuhan driver. Pada saat butuh power, maka sistem akan memerintahkan injector untuk menyemprotkan fuel secara merata kedalam ruang bakar sehingga terbentuk homogeneous combustion dan sebaliknya pada low load, sistem bisa mensetting untuk terjadinya stratified combustion dimana hanya ada sebagian fuel yang diinjectkan disekitar spark plug dan terjadi lean combustion.

Saat ini sistem ini sudah mulai dijumpai dibeberapa model yang dikeluarkan oleh pabrikan, dan untuk Indonesia LEXUS LS yang sudah mengadoptnya. So, kita tunggu kiprahnya untuk mobil mobil yang lain………….terutama mobil yang mampu dibeli tanpa harus korupsi………………hehehehehhehe.

Published by: wicanzayu

I`m a father of Reza, Yukari & Rachmad and a husband of my beutiful wife. I was born in Palembang 38 years ago and now temporarily live in Bekasi-Jabar Indonesia. I was graduated from Mechanical Engineering Gadjah Mada University Yogyakarta and now working as Manager@PT TMMIN Jakarta. I`m a member of IATO and trying very hard to fulfill my dream as Automotive Engineer in Indonesia and giving my greatest contribution for sustainable of the earth....

Categories Automotive5 Comments

5 thoughts on “Gasoline Direct Injection – GDI”

  1. Bravo informasinya. Kenapa tidak dari dulu GDI-nya ya ?
    Padahal Diesel Direct Injection sudah lama sekali. Apa nunggu global warming dulu ?

  2. lebih irit bensin karena suplay bensin diatur pertekanaan kepala silinder, kompresi mesin bisa lebih tinggi, konsentrasi bisa dibikin miskin bensin tapi tenaga tetap besar(lebnih irit) lebih bagus lagi kalo dipadu dengan system twinspark atau big-bang spark plug

  3. Kayaknya kenapa baru sekarang krn baru sekarang2 ini berhasil ditemukan fuel injector yang nozzlenya tahan ledakan (kalo dulu kan ngumpet di balik intake valve). Tahun 1997-an Mitsu Chariot Grandis (yg sempat masuk ke Indon lewat improtir umum) sudah pake ini tapi dengar2 keluhannya banyak fuel injector yang rusak dan gantinya mahal sekali…

Leave a comment