EGR Sistem -> Reducing Pumping Loss

Pada mesin internal combustion engine, khususnya SI Engine, engine performance salah satunya dipengaruhi oleh design sistem pernafasan engine (engine breathing system).  Agar mesin bisa lebih baik performancenya dalam hal fuel consumption bisa dengan cara menurunkan pumping loss. So, apa yang dimaksud dengan pumping loss??? Pada mesin bensin, udara dari luar dipompakan masuk kedalam ruang bakar lewat throttle, tetapi karena ada perbedaan tekanan udara luar dan didalam intake manifold, mengakibatkan perlu tenaga extra dan tenaga ini tentunya diambil dari proses pembakaran. Otomatis fuel consumption jadi naek……….

egr

Agar pumping loss berkurang, maka pada mesin bisa ditambahkan EGR sistem (Exhaust Gas Recirculation), dimana sebagian dari gas buang dimasukkan kembali ke ruang bakar. Penambahan gas inert hasil pembakaran ini pada jalur intake akan menimbulkan perubahan tekanan sehingga udara didalam intake mempunyai tekanan yang hampir sama dengan tekanan udara luar dan pada akhirnya pumping loss bisa dikurangi. Manfaat lain dari sistem ini adalah bisa menurunkan emisi NOx, dikarenakan inert gas bisa menurunkan suhu pembakaran dan mengurangi kemungkinan terbentuknya NOx sebagai akibat dari tingginya suhu pembakaran diruang bakar.

lossSeperti terlihat pada grafik diatas, pada typical 40km/h, besar mechanical loss yang disebabkan oleh Pumping loss adalah sebesar 27% dan secara total dengan dilengkapi oleh sistem ini maka total fuel consumption bisa dikurangi sebesar 8-10%.

Published by: wicanzayu

I`m a father of Reza, Yukari & Rachmad and a husband of my beutiful wife. I was born in Palembang 38 years ago and now temporarily live in Bekasi-Jabar Indonesia. I was graduated from Mechanical Engineering Gadjah Mada University Yogyakarta and now working as Manager@PT TMMIN Jakarta. I`m a member of IATO and trying very hard to fulfill my dream as Automotive Engineer in Indonesia and giving my greatest contribution for sustainable of the earth....

Categories 1Leave a comment

Leave a comment