Water for Life

Jadi inget salah satu topik yang dibahas pada saat Training ISO14001 beberapa waktu yang lalu. Air selama ini memang kurang mendapat perhatian yang layak, padahal air adalah faktor penentu keberadaan manusia di Planet bumi ini.

Air????? Kenapa Air??? Karena tanpa air manusia tidak akan bisa bertahan hidup. Maka tidak salah kalau orang orang menyebut air sebagai Blue Gold. Sadarkah kita berapa liter kita mengkonsumsi air per kapita??? Data menunjukkan bahwa saat ini total populasi didunia mengkonsumsi 4000km3 air per tahun sedangkan kemampuan alam menyediakan air hanya lebih kurang 9000 km3/tahun. Sebenarnya air yang tersedia untuk dimanfaatkan berdasarkan penelitian para ahli berkisar 42,700 km3/year, tapi dikarenakan ada bagian yang tidak bisa digunakan maka yang available hanya sekitar 9000 km3 saja. Dari 4000 km3 yang dikonsumsi tadi, lebih kurang 20% (~700 km3) berasal dari air tanah yang dimanfaatkan oleh lebih kurang 1 milyar penduduk asia dan 150 jt penduduk Amerika Latin. Air tanah ini sebagian adalah berasal dari fossil water yang tidak termasuk dalam normal cycle runoff dan tidak tergantikan dan sebagai akibatnya kelangkaan air tanah bisa dipastikan akan terjadi.

j-suresh-4th-prizeSeiring dengan bertambahnya penduduk dunia, maka kebutuhan akan air pun akan meningkat secara signifikan. Apabila situasi ini tidak bisa dimanage secara baik, maka dapat dipastikan manusia akan mengalami kelangkaan air dan akan timbul berbagai penyakit yang menghinggapi manusia dikarenakan mengkonsumsi air yang tidak layak.

water_related_deaths

So, mulai saat ini marilah kita menggunakan air secara bijak, karena air sangat menentukan kelangsungan hidup umat manusia dimuka bumi yang fana ini. Kita harus bisa memberikan peninggalan yang baik buat anak cucu kita kelak……………..

save-water-save-life

Published by: wicanzayu

I`m a father of Reza, Yukari & Rachmad and a husband of my beutiful wife. I was born in Palembang 38 years ago and now temporarily live in Bekasi-Jabar Indonesia. I was graduated from Mechanical Engineering Gadjah Mada University Yogyakarta and now working as Manager@PT TMMIN Jakarta. I`m a member of IATO and trying very hard to fulfill my dream as Automotive Engineer in Indonesia and giving my greatest contribution for sustainable of the earth....

Categories Thii Krungthep2 Comments

2 thoughts on “Water for Life”

  1. Waduh,…jadi ingat yang baru-baru ini digembor-genborkan,
    Mobil berbahan bakar air, Jadi gimana dong kalau mobil juga pakai air ?

Leave a comment