Hemat Bahan Bakar -> Start/Stop System alias Microhybrid

Banyak cara dilakukan oleh Auto Engineer untuk meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar dan salah satunya yang terakhir banyak diperbincangkan adalah penerapan sistem micro hybrid pada kendaraan. Sistem ini intinya mampu membuat mesin untuk hidup/mati secara otomatis apabila sistem mendeteksi mesin dalam keadaan idle. Dengan cara ini , pemakaian bahan bakar bisa dihemat sebesar 5-10%. Apalagi kalu diterapkan pada kondisi berkendara pada saat jalan macet (banyak stop-go) dan lampu merah yang lamanya bukan kepalang………….(ampe ampe ada yang 3 menit lebih..). BMW adalah leader pada teknologi ini, walaupun FIAT sudah menerapkan pada modelnya sejak dua dekade yang lalu (80`an). Pada salah satu modelnya,  sistem BMW akan mematikan mesin pada saat driver menginjak rem dan kecepatan kendaraan <8km/h dan akan otomatis start pada saat driver melepaskan pedal brake.

800px-start-stop_system

from wikipedia

Untuk bisa berfungsi perubahan utama adalah pada motor stater, dimana dibutuhkan motor stater yang mempunyai daya tahan lebih lama dalam kondisi on/off dan didukung oleh control sistem lewat sensor yang lain. Ada beberapa vendor yang mengembangkan sistem ini bagi pabrikan, diantaranya Bosch, Denso dan Valeo dan untuk valeo mereka beri nama STARs. Dalam sistem ini ada fungsi tambahan untuk memanfaatkan tenaga dari proses braking(regenerative braking)

valeo-stars-diagram

Valeo Stars System

Produsen India (Mahindra-mahindra)  juga telah mengintroduce sistem ini pada line-up mereka (scorpio & balero) dan hanya menambah cost Rs:3,800 dan tentunya sangat menarik buat pasar India. Seandainya mobil dijakarta dapat dilengkapi dengan sistem ini, maka bisa kita bayangkan berapa banyak fuel yang bisa kita saving dan pada akhirnya bisa mengurangi beban pemerintah untuk mensubsidi BBM.

Dari sini apa yang bisa kita petik, bahwa untuk mendapatkan efisiensi 5% saja, butuh effort yang sangat besar, jadi bisa dibayangkan kalau ada produk dipasaran yang mengklaim bisa menghemat sampe 40% tanpa perubahan yang radikal pada sistem power train kendaraan, maka sangat bisa jadi itu adalah hanya klaim semata (Good to be true……….Kata orang bulek). So mungkin ada yang berminat untuk research mengenai start stop sistem ini??? Peluang terbuka besar……..

Published by: wicanzayu

I`m a father of Reza, Yukari & Rachmad and a husband of my beutiful wife. I was born in Palembang 38 years ago and now temporarily live in Bekasi-Jabar Indonesia. I was graduated from Mechanical Engineering Gadjah Mada University Yogyakarta and now working as Manager@PT TMMIN Jakarta. I`m a member of IATO and trying very hard to fulfill my dream as Automotive Engineer in Indonesia and giving my greatest contribution for sustainable of the earth....

Categories AutomotiveLeave a comment

Leave a comment